Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Musi Rawas

Palembang - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengesahkan upah minimum provinsi (UMP) di Sumsel 2024 sebesar Rp 3.456.874. Angka itu naik 1,55 persen dari UMP 2023 yakni sebesar Rp 3.404.177.
"UMP Sumsel 2024 Rp 3.456.874. UMP itu berlaku bagi pekerja yang masa kerjanya kurang dari setahun pada perusahaan. Bagi perusahaan yang memberi upah lebih tinggi dari UMP 2025, dilarang mengurangi atau menurunkan upah," katanya di Hotel Harper, Selasa (21/11/2023).

Menurutnya, UMP itu sesuai dengan PP 51/2023 tentang pengupahan. Dalam aturan, penetapan UMP harus memperhatikan rekomendasi Dewan Pengupahan yang terdiri dari pemerintah, pengusaha dan serikat pekerja.

"Semua ada di situ dan rumusan, hitungannya juga sudah ditetapkan menyesuaikan dengan dinamika yang terjadi di daerah melalui rapat antara serikat pekerja, pengusaha dan pemerintah sehingga menghasilkan kesepakatan," ungkapnya.

Agus Fatoni mengaku dalam memutuskan UMP cukup sulit. Pemerintah, kata dia, hanya bisa menjadi jalan tengah. Sebab, serikat pekerja maupun pengusaha miliki kepentingan masing-masing.

"Semuanya harus dilindungi bersama, harus dirangkul agar bisa jalan bersama sehingga iklim di Sumsel kondusif. Biasanya salah satu pihak tidak menerima, mudah-mudahan bisa saling mengerti, bersinergi agar Sumsel kondusif dan maju," jelasnya.

Menurutnya, jika dunia usaha tak kondusif, dirinya memastikan akan berdampak pada banyak hal salah satunya ke perekonomian.

"Dampaknya bisa ke perekonomian, ketenagakerjaan dan kesejahteraan masyarakat," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sumsel Deliar Marzoeki mengatakan, UMP itu merupakan kesepakatan bersama semua pihak. Kata dia, penilakan serikat buruh terhadap UMP itu bukan dari keputusan yang dibuat, melainkan PP 51/2023.

"Mereka ingin membedah PP, karena itu yang menurut mereka bermasalah. Mereka tidak mempermasalahkan penetapan UMP, kita sudah berkoordinasi dengan mereka, dengan para serikat. Saya berharap tidak ada demonstrasi dari mereka," ungkapnya.

 

detiksumbagsel

Tinggalkan Komentar: